Kopi Membantu Penyembuhan Pasien Pasca Operasi Usus Besar

Kopi memang enak diminum dan sehat di badan. Masih kaitannya dengan kopi, kali ini ada berita gembira bagi pasien pasca menjalani operasi usus besar yang harus menjalani pemulihan selama sekitar sebulan dan pantang mengkonsumsi sejumlah makanan tertentu. Namun sebuah studi baru dari Jerman menemukan bahwa minum kopi dapat mempercepat proses pemulihan ini.


Selain itu, tim peneliti dari University Hospital Heidelberg, Jerman ini menemukan bahwa pasien yang minum kopi setelah operasi juga mampu mentolerir makanan padat lebih cepat ketimbang pasien yang tidak minum kopi.

"Penyumbatan pada saluran cerna (obstruksi) merupakan masalah yang sering terjadi pada pasien pasca operasi usus dan tujuan studi ini adalah untuk mengetes teori kami bahwa kopi dapat membantu meringankan kondisi ini," ungkap ketua tim peneliti Dr. Sascha Muller.

Untuk memastikan temuan ini, peneliti merekrut 80 pasien kanker usus besar, penyakit divertikular (gangguan struktural pada dinding usus besar), peradangan usus atau penyakit lain yang menyerang usus. Usia rata-rata pasien adalah 61 tahun dan hampir separuhnya adalah pasien pria.

Kemudian partisipan dibagi menjadi dua kelompok; sebagian diminta minum kopi dan sebagian lagi diminta minum air putih biasa setelah menjalani operasi usus besar. Kopi dan air putihnya sebanyak 100 ml (sekitar setengah cangkir) yang diberikan pada tiga waktu yang berbeda dalam sehari.

Hasilnya, usus pasien partisipan yang minum kopi bisa kembali bergerak hanya dalam waktu sekitar 60 jam pasca operasi, sedangkan partisipan yang minum air putih biasa harus menunggu sekitar 72 jam agar ususnya kembali menunjukkan pergerakan.

Tak hanya itu, partisipan yang minum kopi juga sudah bisa mengonsumsi makanan padat 49 jam setelah operasi padahal partisipan yang minum air putih butuh waktu hingga 56 jam agar bisa melakukan hal yang sama.

Manfaat lain pada partisipan yang minum kopi adalah partisipan sudah bisa buang angin 41 jam setelah operasi, sedangkan partisipan yang minum air putih baru bisa kentut 46 jam kemudian.

"Percobaan ini menunjukkan bahwa pergerakan usus pertama pasca operasi terjadi lebih cepat pada partisipan yang minum kopi ketimbang partisipan yang minum air," kata Muller seperti dilansir dari healthfinder, Senin (15/10/2012). Dalam studi ini juga tak ditemukan komplikasi terkait kopi yang terjadi pada partisipan.

Sayangnya, peneliti studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal BJS ini tak mengetahui secara pasti bagaimana caranya kopi dapat mengembalikan fungsi usus pada pasien usus besar. Wallaahu a'lam.

10 komentar:

  1. thanxs gan atas informasinya

    BalasHapus
  2. Sama-sama gan, terima kasih juga atas kunjungannya

    BalasHapus
  3. I’m not that much of a online reader to be honest but
    your blogs really nice, keep it up! I'll go ahead and bookmark your site to come back later on. Cheers

    Here is my web-site; Instalator Poznan

    BalasHapus

  4. nice post....
    article yang menarik untuk dibaca dan bermanfaat...
    maju terus sob,,,
    kunjungi blog saya juga ya sob, http://chaniaj.blogspot.com
    dan kunjungi juga situs kesayangan kami http://www.oliviaclub.com/oliviaclub/index.php
    oliviaclub poker online uang asli indonesia terbaik dan terpercaya
    Poker Indonesia, Indonesia Poker, Poker Online Indonesia
    yuk,,buruan gabung,,ada bonus nya lho,,,,

    BalasHapus
  5. very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my knowledge grow better.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you for visiting. Have a nice weekend.

      Hapus
  6. SEO Company Pitampura07 Oktober, 2015 15:20

    Interesting. Your instructions look clear but I'm not very good at this so I hope this will work well for me. Thanks for the tips!

    BalasHapus
  7. Thank you for visiting. Have a nice weekend!

    BalasHapus
  8. Here elaborates the matter not only extensively but also in detail. I support the unique point. It is useful and benefit to your daily life.

    BalasHapus