Daun Salam untuk Diabetes, Maag, dan Penurun Asam Urat – Kolesterol

Daun Salam mempunyai nama ilmiah Eugenia polyantha Wight atau Syzygium plyanyhum (Wight) Walp. Salam mempunyai nama yang beraneka ragam di daerah, yaitu dipanggil salam di Madura, dipanggil ubar serai pada bahasa Melayu,  dipanggil salam atau manting di Jawa, dipanggil salam atau gowok di Sunda.
Kandungan kimia dari Salam antara lain, minyak atsiri 0,05% yang terdiri dari sitral, eugenol, tanin, dan flavonoid. Anggota family Myrtaceae ini mempunyai sifat rasa yang kelat, wangi astrigen dan memperbaiki sirkulasi.
Bagian tubuh yang digunakan dari pohon Salam ini biasanya daunnya. Makanya nama daun seringkali tidak dapat dipisahkan dengan salam, yakni daun salam. Meskipun kulit, batang, buah dan akar pohon Salam dapat juga dipakai untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Diare
Cuci bersih daun salam segar sekitar 7 gram atau 15 kembar. Rebus dengan air 2 gelas sampai mendidih menjadi 1 gelas. Tambahkan garam secukupnya selama proses merebus. Saring ramuan, dinginkan dan minum.

Diabetes/Kencing Manis
Ambil 11 lembar daun salam segar dan 30 gram daun ciplukan, cuci bersih. Rebus kedua daun tersebut dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum sehari 2 kali, masing-masing setengah gelas. Jika tidak ada daun ciplukan, boleh daun salam direbus tunggal daun salam sebanyak 7 sampai 15 lembar.

Maag
Cuci bersih daun salam segar sebanyak 17 lembar. Rebus degan setengah liter air sampai mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya pada saat merebus. Saring, dan minum setelah dingin. Mminum ramuan ini sebagai teh setiap hari. Ulangi terus sampai rasa perih di lambbung hilang.

Radang Lambung
30 gram daun salam segar ditambah 30 gram daun sambilot0 direbus dengan air sebanyak 600 ml, tambahkan gula batu secukupnya. Rebus hingga mendidih hingga tersisa setengahnya. Ramuan untuk diminum 2 kali sehari. Diminun untuk pagi dan sore hari.

Menurunkan kolesterol
Cuci 10 sampai 15 gram daun salam segar, rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih menjadi 1 gelas air. Setelah dingin, saring dan minum di malam hari setiap hari sampai kolesterol turun menjadi normal.

Mengobati Asam Urat
Cuci 10 lembar daun salam segar, rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih menjadi 2 gelas air. Saring, dan minum selagi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar