Ayo Menjadi Konsumen Cerdas!

Tips agar menjadi Konsumen yang Cerdas :

1. Teliti Sebelum Membeli
Konsumen agar selalu mempunyai kebiasaan untuk teliti atas barang dan/atau jasa yang ditawarkan/tersedia di pasar. Minimal secara kasat mata dapat digunakan untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya dari barang dan/atau jasa tersebut, dan bila kurang jelas/paham, dapat menyampaikan untuk bertanya atau untuk memperoleh informasi atas barang dan/ atau jasa tersebut. Berdasarkan hal ini, konsumen telah memperoleh gambaran umum atas barang dan/ atau jasa yang ditawarkan di pasar.
 
2. Perhatikan Label dan Masa Kadaluwarsa
Konsumen harus lebih kritis lagi untuk mengetahui kondisi barang dan/atau jasa, khususnya atas barang makanan, minuman, obat dan kosmetik, yang dalam keadaan terbungkus, yang dikemas disertai label.
Dalam label dicantumkan antara lain : komposisi, manfaat, aturan pakai, dan masa berlaku.
Konsumen diajak agar lebih berhati-hati terhadap barang yang masuk kedalam tubuh atau yang digunakan diluar/atas tubuh. Karena barang tersebut sangat erat kaitannya dengan aspek kesehatan, keamanan dan keselamatan konsumen.
 
3. Pastikan Produk Bertanda Jaminan Mutu SNI
Pada umumnya konsumen belum akrab dengan produk bertanda SNI.
Melalui ajakan/seruan ini konsumen sudah saatnya memperhatikan produk yang sudah wajib SNI.
Dari sisi konsumen produk bertanda SNI lebih memberikan jaminan kepastian atas kesehatan, keamanan dan keselamatan konsumen, bahkan lingkungannya. (Contoh : tabung yang bertanda SNI)
 
4. Beli Sesuai Kebutuhan, Bukan Keinginan
Konsumen diajak agar terbiasa mempunyai perilaku tidak konsumtif, artinya bukan barang dan/atau jasa yang menguasai atau mempengaruhi konsumen tapi konsumen lah yang menguasai keinginannya untuk membeli barang dan/atau jasa
 
Catatan:
Tips ke 1, 2, 3 lebih diarahkan kepada sikap konsumen kepada barang dan/atau jasa.
Tips ke 4 lebih diarahkan kepada perilaku konsumen itu sendiri.


Sumber : http://www.kemendag.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar