Tips Hindari Virus dan Kuman di Kabin Pesawat

Berlibur dengan menggunakan pesawat tentu selalu menyenangkan. Tetapi kadang liburan Anda bisa menjadi tidak menyenangkan ketika mendadak sakit di perjalanan.

Kebersihan kabin pesawat memang terus dijaga oleh maskapai penerbangan. Namun, ketika Anda berbagi udara di ruang tertutup dan kamar mandi dengan banyak orang, maka penyebaran kuman dan virus akan semakin cepat. Misalnya saja, jika di samping Anda, duduk seorang yang sedang mengalami flu.


Untuk menanggapi hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari terjangkitnya penyakit selama di pesawat. Berikut ini tips yang dikutip dari helium.

Sistem imun
Ketika sistem imun Anda berada pada kondisi yang terbaik, maka kemungkinan terkena penyakit akan kecil. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga sistem imun Anda.
Beberapa hari sebelum keberangkatan, jagalah kondisi fisik Anda. Istirahat dengan cukup, hindari kelelahan dan stres, konsumsi makanan yang sehat dan suplemen bila perlu.

Higienis
Jadikan sabun dan air sahabat terbaik Anda selama perjalanan. Ada beberapa tempat yang kondusif untuk kuman berkembang, salah satunya toilet. Oleh karena itu cucilah tangan Anda dengan sabun dan air setiap selesai buang air dan sebelum makan.

Hindari pula kebiasaan menyentuh bibir dengan tangan. Bawalah sabun cuci tangan tanpa bilas yang biasanya mengandung alkohol dan digunakan untuk mensterilkan tangan. Hal ini baik untuk mempermudah Anda agar tidak perlu bolak-balik ke toilet.

Tempat duduk
Meskipun Anda tidak bisa mengontrol udara di dalam kabin, namun Anda bisa mengurangi risiko terjangkit virus atau kuman. Pilihlah kursi yang tidak dekat dengan kamar mandi. Jika penumpang disebelah Anda sedang sakit, mintalah pramugari untuk pindah tempat duduk.

Obat
Kadang, usaha yang dilakukan tidak berhasil. Oleh karena itu, tetaplah Anda membawa obat-obatan untuk berjaga-jaga.

1 komentar: