Jangan Sepelekan Sakit Kepala!

Sakit kepala mungkin hal yang dianggap biasa oleh sebagian besar orang. Namun ternyata sakit kepala dapat merupakan salah satu gejala dari penyakit saraf yang lebih serius, seperti tumor otak, kelainan pembuluh darah otak (aneurisma dan AVM), stroke, dan infeksi otak. Sakit kepala dapat didefinisikan sebagai rasa nyeri dan tidak nyaman pada daerah kepala mulai dari dahi sampai leher atas atau tengkuk.

Gejala sakit kepala dapat dilihat dari kualitas, intensitas, dan gejala penyertanya. Dari kualitasnya, kepala terasa berat, kencang, tegang, seperti terikat, atau tertusuk-tusuk. Dari intensitasnya, sakit kepala dapat hilang-timbul, ada juga yang muncul selama berjam-jam, atau muncul terus menerus bahkan sampai berhari-hari dengan rasa nyeri yang semakin kuat.

Sakit kepala juga dapat disertai gejala penyerta seperti mual, muntah, dan gangguan saraf lain seperti kejang-kejang, mata juling, penglihatan ganda, atau kesemutan di salah satu alat gerak. Sakit kepala dengan gejala penyerta inilah yang harus diwaspadai.

Jika Anda memiliki keluhan sakit kepala yang tidak hilang dengan obat-obatan yang biasa diminum atau rasa nyeri yang sering terjadi pada daerah wajah (sekitar mata) sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf, terlebih lagi jika Anda memiliki riwayat penyakit kronis lain, seperti tekanan darah tinggi, jantung, stroke, dan diabetes.

Kapan Anda Harus ke Dokter atau Rumah Sakit?
• Jika terjadi sakit kepala yang luar biasa hebatnya dan mendadak
• Jika sakit kepala bertambah berat secara cepat disertai penurunan kemampuan konsentrasi dan berpikir
• Jika terjadi penurunan kesadaran
• Jika terjadi perubahan dalam kemampuan berbicara
• Jika terjadi kelemahan, rasa baal, atau kesulitan berjalan
• Jika ada gangguan penglihatan
• Jika leher atau tengkuk terasa kaku atau nyeri
• Jika terasa nyeri disertai keluhan pusing berputar, seperti ruangan terbalik, atau rasa akan jatuh ke satu sisi
• Jika sakit kepala terjadi setelah benturan kepala disertai demam (suhu lebih dari 38 derajat Celcius)

1 komentar:

  1. I'm pleased to share this post with you. Thanks for your comment and introducing such a valuable website. Hopefully can take benefit to enrich my blog in the future.

    BalasHapus