Prospek Pekerjaan Indonesia cukup Baik di kuartal pertama 2011

JobStreet.com menerbitkan Laporan Prospek Pekerjaan untuk kuartal pertama tahun 2011, dimana sebagian besar responden merasa optimis dengan Prospek Kerja di tahun baru ini.

Indeks Prospek Pekerjaan diukur oleh JobStreet.com menunjukkan ekspektasi pertumbuhan kerja (prospek perusahaan) dalam berbagai industri per kuartal. Indeks yang tinggi menunjukkan industri menciptakan lapangan kerja dan merekrut karyawan, sedangkan indeks yang rendah menunjukkan kebalikannya, dimana jumlah pekerjaan yang ditawarkan sangat berkurang.


Untuk kuartal pertama 2011 ini, indeks yang terdaftar adalah 69 poin, meningkat dari kuartal sebelumnya yaitu 67 poin.





Pertumbuhan kerja/Prospek ketenagakerjaan: untuk kuartal pertama tahun 2011, terdapat 67% responden merasa bahwa prospek pekerjaan untuk 12 bulan kedepan akan menjadi lebih baik dan 22% lainnya menyatakan akan tetap sama. 11% lainnya lebih pesimis dan mengatakan bahwa pertumbuhan dan prospek kerja akan memburuk.





Mencapai titik terendah: Sekitar 45% dari responden menyatakan bahwa kondisi perekonomian membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai kondisi terendah, sedangkan 12% lainnya menyatakan bahwa kondisi sudah hampir berada di kondisi terendah. 13% lainnya mengatakan sudah mencapai kondisi yang terendah, sedangkan 30% lainnya menyatakan bahwa kondisi ekonomi masih akan lama sampai ke titik dasar (terpuruk).





Dampak dari Penurunan : Banyak responden yang berhati-hati ketika mereka ditanya mengenai pertanyaan berapa lama lagi keadaan ekonomi akan berpengaruh terhadap efek penurunan saat ini. Sekitar 23% menyatakan bahwa kondisi ini akan membaik setelah 6 bulan, sedangkan 24% menyatakan bahwa akan membutuhkan waktu 12 bulan. 8% lainnya menyatakan bahwa akan membutuhkan 18 bulan untuk memulihkan keadaan ekonomi saat ini, 27% menyatakan butuh waktu 24 bulan bahkan lebih. 18% lainnya merasa bahwa ekonomi tidak lagi terpengaruh oleh kondisi yang menurun saat ini.







Aktivitas penerimaan karyawan: Ketika responden ditanya mengenai aktivitas perekrutan, sebanyak 42% menyatakan bahwa mereka melakukan proses recruitment lebih sedikit dalam jangka waktu 12 bulan ini, merekrut karyawan hanya untuk posisi penting saja. 22% lainnya menyatakan bahwa mereka tetap mempertahankan persentase recruitment mereka. Sedangkan 28% lainnya menyatakan bahwa mereka akan meningkatkan persentase recruitment mereka. Sisa 8% lainnya menyatakan bahwa mereka tidak akan melakukan kegiatan recruitment pada masa yang akan datang.






Spesialisasi utama yang dibutuhkan: Untuk kuartal pertama tahun 2011, tenaga kerja dengan pengetahuan di bidang marketing dan pengembangan bisnis, sales dan marketing, dan juga computer dan IT sangat diminati oleh berbagai industry. Spesialisasi pekerjaan lain seperti Sumber Daya Manusia, Top Manajemen, Akuntansi dan Customer Service juga sangat diminati.


Catatan : Sekitar 900 klien JobStreet.com, manager dan senior manager dari berbagai bidang industry di Indonesia ikut serta dalam survey ini bulan Januari 2011.

Apa pendapat orang-orang tentang Kuartal Pertama 2011?

“Sulit untuk memperbaiki keadaan ekonomi akan membaik semuanya itu tergantung akan kepercayaan investor menananmkan modalnya di indoensia, mengingat Indonesia kalah bersaing dalam investasi dengan China, Vietnam dan Myanmar.” (Industri: Business services)

“Dengan melihat kondisi ekonomi Indonesia yang tetap tidak semakin membaik seperti ini rasanya mustahil banyak tumbuh industri-industri baru di Indonesia. Karena beaya apapun di Indonesia sangat mahal dan berbelit-belit. UMK naik setiap tahun, tapi harga barang juga mengikutinya. mana bisa makmur para karyawan.” (Industri: Trade - Retail)

“Sebaiknya kita bekerja di industri yang aman untuk beberapa tahun ke depan misalnya di bidang makanan, consumable dan lain - lain yang selalu dibutuhkan manusia.” (Industri: Manufacturing)

“Prospek di bidang manufaktur petrokimia sangat dipengaruhi oleh harga minyak dunia.” (Industri: Manufacturing)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar